Agus Sudiyar Tanjung Perencana Keuangan Independent (Konsultan Ekonomi) Bisnis Hiburan Berkembang Positif

BRITISIA – Dalam pengamatan dan juga acara seminar-seminar yang sering diisi oleh Konsultan Ekonomi dan Keuangan, Agus Sudiyar Tanjung, tahun kambing kayu dalam versi tahun China atau tahun 2015 (Nasional), dalam iklim ekonomi secara global akan banyak kemajuan. Hal ini seiring dengan ekonomi Indonesia yang akan terus mengalami pertumbuhan kea rah yang positif.

Tahun kambing yang dianalisis oleh para peramal merupakan tahun kedamaian, menurut Agus, akan berdampak baik untuk beberapa sektor ekonomi dan bisnis. Dalam pengamatannya, beberapa titik bisnis, seperti bisnis pendidikan, property, informasi dan juga hiburan dapat semakin cepat bertumbuh, diluar bisnis otomotif dan juga kuliner.

“Situasi politik Indonesia sangat sulit ditebak. Namun demikian, bila dilihat dari sisi bisnis, saya melihat, bahwa bisnis pendidikan, property, informasi dan juga hiburan akan terus berkembang. Khusus dunia hiburan, akan mengalami perkembangan yang signifikan, akibat kebutuhan setiap orang akan dunia hiburan,” terang Agus, saat ditemui belum lama ini.

Sebagai orang yang juga pakar dalam perencanaan keuangan, Agus memberikan tips agar setiap orang bisa mendahulukan kebutuhan uatama ketimbangan keinginan yang terkadang datang dalam diri sendiri. Menginvestasikan keuangan baik dalam jumlah kecil dan besar, akan berdampak positif untuk ke depannya.

Bentuk investasi jangka pendek dan panjang yang sedang “mewabah” sejak beberapa tahun belakangan ini, akan terus mengalami perkembangan terbesar di tahun ini. Karena setiap orang akan berusaha untuk menginvestasikan keuangannya dengan baik untuk persiapan kedepannya.

“Saya menyarankan, untuk mengurangi gaya hidup konsuntif. Lalu persiapkan dana darurat di setiap rekening perorang. Persiapan asuransi dan juga mengolah setiap pengeluaran keuangan secara baik. Antisipasi dan investasi ekonomi sejak dini, merupakan hal penting dan berdampak positif, untuk kebutuhan yang akan datang,” saran Agus. {APIN}

About britisia

5 comments

  1. Pak, saya mau tanya, Bagaimana dengan perkembangan bisnis tour & travel dan apa saja kiat-kita untuk mengembangkan usaha ini, khususnya Tour Mancannegara. Dimana kita tau saat ini Kurs Rupiah sangat melemah.

    • Salam hangat Ibu Maria…
      Ibu Maria kelihatannya sedang melirik peluang yang terbuka lebar dibidang Pariwisata ya.
      Tour & Travel adalah bisnis yang sangat menjanjikan dan menjadi pilihan yang banyak dilirik kalangan pengusaha tidak terkecuali juga oleh para pemula.Industri Pariwisata menjadi salah satu sektor yang mendapatkan prioritas dari pemerintahan saat ini. Jadi peluang bisnis ini masih terbuka lebar. Selain itu, bisnis ini tidak ada matinya, kenapa?
      1. Kebutuhan akan hiburan dan wisata masyarakat yang semakin tinggi
      2. Masyarakat lebih memperhatikan efesiensi waktu, sehingga perjalan menggunakan pesawat udara dan jasa travel wisata menjadi pilihan yang menarik.
      3. Gencarnya promosi wisata oleh pemerintah maupun swasta.
      4. Harga tiket saat ini yang lebih terjangkau masyarakat.

      Untuk kiatnya, secara singkat bisa dilakukan Ibu Maria adalah mencari dan membuat paket wisata baik domestik maupun mancanegara, buat starategi penawaran harga yang menarik (misalnya diskon, bayar paketnya dicicil, atau buat tabungan/arisan wisata didalam komunitas).

      Namun untuk menjalankan suatu bisnis harus perlu persiapan dan perencanaan, agar bisnis yang kita jalankan dapat meraih kesuksesan. Bisnis memang perlu modal, tapi kalau kita tahu cara mengelolah keuangan dengan baik dan terencana, so semua itu dapat kita raih.
      Untuk sharing lebih lanjut ibu Maria silahkan hubungi redaksi.
      Salam dan Semoga sukses selalu untuk Ibu Maria….segera action.

  2. Pak, saya hanya seorang pekeja di salah satu perusahaan swasta, sedangkan saya ingin membuka usaha suatu saat nanti. Bagaimana merencakanan keuangan yang baik dengan kondisi saya yang memiliki gaji tiap bulannya hanya 2,25 jt?

    • Salam hangat Mas/Mbak Hattu….
      Sebelumnya selamat atas langkah pemikiran mas/mbak yang sudah maju satu langkah. Artinya”berkeinginan” untuk menjalankan usaha menggambarkan kita sudah memiliki visioner kedepan tentang masa depan dan tujuan hidup kita. Untuk membuka usaha banyak sekali jalan yang bisa ditempuh. Dari yang menggunakan modal kecil sampai menggunakan modal yang sangat besar, bahkan kalau kita kreatif dapat pula membuka usaha tanpa modal. Apakah bisa…? so, pasti ada jalan untuk semuanya itu.
      Berkaitan dengan perencanaan keuangan dan keinginan untuk membuka usaha, mas/mbak mulai saat ini harus mengatur keuangan dengan lebih bijaksana. Kalau uang masuknya sudah jelaskan tiap bulan terima gaji sebesar 2.25jt, nah bagaimana dengan pengeluarannya selama ini? apakah mas/mbak sudah membuat pos-pos pengeluaran dengan jelas dan terencana? kalau belum, mulai saat ini siapkan itu semua.
      Langkah sederhana, sekarang ambil buku kecil dan setiap ada pengeluaran “catat”. Nah dalam satu bulan kita evaluasi, selama ini uang kita larinya kemana? Apakah pengeluaran itu memang kita perlukan sebagai suatu kebutuhan…atau hanya melampiaskan “keinginan” saja. Apakah masih bisa diminimalkan pengeluarannya…nanti pasti akan banyak yang bisa kita analisa. Yang jelas kita sudah punya gambaran awalnya kan.
      Setelah ada gambaran…mari kita masuk pada perencaaan keuangan yang sehat. Mas/mbak bisa sharing ke saya via email : tanjung_agus@yahoo.co.id.
      Yang perlu diingat “untuk mencapai tujuan financial kita, bukan dilihat dari berapa besar gaji/penghasilan yang kita terima, tapi bagaimana cara kita untuk mengelolah penghasilan tersebut”.
      Salam sukses ya…dan jangan takut untuk terus mencapai impian mas/mbak Hattu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*