Mengenal Lebih Dekat Dengan Pieter Ell Mantan Aktifis Yang Jadi Pengacara

Britisia – Gara-gara kasus prostitusi online, nama Pieter Ell memang langsung menjadi perbincangan. Namun tak ada yang tahu jika profesi pengacara telah ia geluti selama kurang lebih 17 tahun terakhir ini.

Tak terhitung lagi berapa banyak kasus yang telah ia tangani. Dilahirkan di Jayapura, masa kecil Pieter sebenarnya tak berbeda dengan anak-anak seusianya. Namun pengalamannya melihat sidang untuk kali pertamanya ternyata mengubah hidupnya.

Saat itu, sepulang sekolah, Pieter tiba-tiba tertarik untuk melihat sidang. Matanya pun langsung tertuju kepada seorang pengacara. Dimana profesi tersebut adalah profesi langka di daerah asalnya.

“Jadi ada dosen yang bisa jadi pengacara. Sidang pakai toa. Itu ada apa? Kita kesana nonton,” jelas Pieter.

Sejak saat itu, Pieter pun langsung tertarik dengan dunia hukum. Lulus SMA, Pieter melanjutkan pendidikannya ke jenjang berikutnya. Ia pun langsung mengambil jurusan hukum.

Tanpa disangka, dosennya adalah pengacara yang pertama kali ia lihat semasa SD dahulu

“Setelah lulus, saya jadi asisten lawyer di Jayapura,” terangnya.

Selama satu tahun Pieter menjadi asisten pengacara. Tak hanya itu, ia juga bergabung dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di sana.

Pieter memang sangat suka dengan hal-hal yang berbau hukum. Sejak masih kuliah, ia dikenal sebagai aktifis yang memperjuangkan nasib kaum lemah. Karena itu, ia rela menjadi relawan di LBH tanpa bayaran sepeserpun. Hingga akhirnya, nasib mengantarkannya ke Jakarta.

“Diikirim ke Jakarta untuk magang di LBh. Saya belajar dari Adnan Buyung. Direktur saya BW. Saya satu kantor dengan munir. Saya banyak belajar bagaimana menangani kasus seperti politik, makar tanah,dan lain sebagainya,” jelas Pieter.

Di Jakarta, Pieter memang banyak mendapatkan pengalaman. Ia pun tak segan-segan berhadapan dengan para penguasa.

Sebagai aktifis, Pieter telah terbiasa untuk menghadapi berbagai ancaman. Bahkan ancaman yang menyangkut keselematan jiwanya sekalipun.

“Dulu sebagai aktifis nama nesar LBh membuat kita berani dengan kekuasaaan. Dan untuk jadi staff nggak gampang. Harus terseleksi secara alami,” ungkapnya.

Mau tahun lebih dekat dengan Pieter Ell? Simak terus beritanya hanya di Britisia.Com (Apin)

About britisia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*