ASPERTI Apresiasi Usaha Jeng Ana Positifkan Herbal

BRITISIA – Langkah positif Jeng Ana untuk meluruskan tentang pengobatan Alternatif menggunakan tanaman Herbal mendapat apresiasi dari Ketua Umum Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia (ASPETRI) Yashim Seiff, SH., MBA.

Menurutnya, dengan keharusan cek laboratorium seperti yang dilakukan oleh Jeng Ana, hal ini tidak hanya menepis keraguan pasien terhadap pengobatan herbal, tapi sekaligus juga membuktikan bahwa pengobat herbal dapat bersinergi dengan dunia medis kedokteran modern.

“Mereka bisa saling mengisi dan tak perlu saling menjatuhkan satu sama lain,” harap Yashmin. Namun demikian, sesuai SOP (standard operation procedure) yang diterapkan oleh ASPETRI, para pelaku pengobatan tradisional, tak terkecuali herbalis, tidak diperbolehkan menggunakan alat-alat kedokteran modern.

Salah satu tujuannya adalah agar tidak ada pelanggaran ranah profesionalitas. Jika melanggar aturan ini, maka ASPETRI bisa memberikan sangsi administratif hingga memberikan usulan kepada lembaga terkait untuk menutup praktek pengobat yang bersangkutan.

ASPETRI sendiri merupakan satu-satunya wadah organisasi pengobatan alternatif yang diakui oleh pemerintah lewat Kementerian Kesehatan RI. Tujuan utama ASPETRI adalah untuk melakukan pembinaan sekaligus peningkatan mutu layanan pengobatan alternatif ramuan Indonesia. Karena itulah ASPETRI memiliki kewenangan untuk memberikan sertifikasi dan pelatihan yang dilakukan secara berkala.

“Saat ini ASPETRI memiliki sekitar tiga ribu anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Semua anggota ASPETRI memiliki layanan yang tersandard sesuai dengan ketentuan organisasi, sehingga mereka diharapkan dapat memberikan layanan berkualitas. Karena itulah bagi masyarakat yang ingin melakukan pengobatan herbal harus melihat dan mengamati apakah si pengobat sudah menjadi anggota ASPETRI atau belum. Maksudnya tidak hanya penting secara kualitas pelayanan dan ramuan, tapi juga secara legalitas bisa dipertanggungjawabkan,” terang Yashim Seiff, SH., MBA.(bca)

 

foto : dok.pribadi

About britisia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*