Ranto Simanjuntak Yang Penting Berguna Bagi Hukum

BRITISIA РKata pepatah, kejarlah mimpimu setinggi langit. Namun hal tersebut agaknya tidak berlaku bagi Ranto Simanjuntak. Pengacara yang sudah 8 tahun mengurusi berbagai macam kasus tersebut justru tak mengira jika jalan hidupnya adalah sebagai pengacara. Ya, awalnya Ranto bercita-cita sebagai Akabri. Namun apa mau dikata, lulus SMA, Ranto gagal memenuhi keinginannya tersebut. Ia dinyatakan gagal tes Akabri.

Walau begitu, ia tak menyerah. Ia pun banting stir sebagai seorang pengacara. “Mungkin ini adalah semacam pelarian. Saat dulu SMA¬† nggak gol masuk Akabri, jadi pemikiran saya yangpenting bisa berguna dalam penegakan hukum. Jadi pengacara kan termasuk penegakan hukum,” katanya saat ditemui di kantornya di kawasan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ia pun akhirnya bergabung di perusahaan cooporate, holding company, Raja Garuda Mas (RGM) milik salah satu pengusaha ternama di Indonesia. Selama kurang lebih 13 tahun ia bekerja di sana. Karir Ranto pun telah cukup nyaman. Namun rasa nyaman tidaklah cukup, Ranto tergerak untuk mendirikan kantor pengacara sendiri.

“Perjuangannya nggak mudah. Saya harus melepaskan sesuatu yang tidak nyaman. Saya sudah 13 tahun dan posisi saya sudah lumayan jelas. Saya senior manajer di sana,” jelas Ranto.

8 Tahun yang lalu, Ranto resmi membuka kantor sendiri. Berbeda dengan pengacara-pengacara lainnya. Ranto justru menomor duakan publikasi untuk mengangkat namanya. Ranto memulai karirnya dari bawah. Ia tetap mengedepankan kualitasnya sebagai seorang pengacara.

“Nggak kita pungkiri ada lawyer yang sudah mapan. Tanpa publikasi sudah terkenal. Tapi ada juga yang mengkhususkan diri menangani artis. Mungkin lebih singkat. Toh itu juga nggak menjamin karena bagaimana dia tangani perkara. Mau terkenal apapun, kalau nggak bisa dipercaya, gimana?,” ujar Ranto.

Kepercayaan klien adalah yang utama. Itulah yang selalu dipegang teguh Ranto saat menjalankan karirnya. Mungkin karena prinsip tersebutlah, Ranto dapat bertahan hingga 8 tahun lamanua.”Karena itu kepercayaan. Orang makin percaya dia bisa bertahan. Klien pada saat menunjuk sebagai pengacara, mereka sudah mempercayakan ke kita,” turur Ranto. (APIN)

 

About britisia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*